REDHA MAULANA YUSRA
X MIPA 7
TUGAS
BAHASA INDONESIA
SMAN 1 LUBUK ALUNG
KABUPATEN PADANG PARIAMAN
SUMATRA BARAT
2016-2017
TEKS NEGOSIASI
Redha :Aassalamualaikum pak.
Arif :Waalaikum salam bang.
Redha :Ada yang bisa saya bantu.
Arif :Begini pak saya mau membeli barang untuk dagang saya berupa lemari,yang ingim saya jual kepada khalayak ramai,Apakah disini ada barang tersebut pak?
Redha :barangnya ada pak tapi,jenis lemari apa yang ingin bapak beli,karna lemari ini berbagai jenis pak contohnya saja bahanya,ada yang dari serbuk kayu,ada yang dari kayu jati,ada yang dari kayu durian,dan banyak lagi yang berkualitas pak.
Arif :yang berkualitas tinggi yang mana tu pak.
Redha :Semuanya lain kualitas pak tapi,yang paling berkualitas tinggi tentulah kayu jati ini pak.
Arif :harga lemari yang berbahan kayu jati brapa pak.
Redha :Kalau satu lemari yang berukuran 5mkali1m harganya Rp.5000.000 an pak.
Arif :Ngak bisa kurang pak,soalnya saya kan mengambil borongan pak.
Redha :Bagaimana ya pak soalnya harnya segitubanyaknya pak.
Arif :Ayolah pak,kurangi saja sedikit ya pak 4800.000 bagaimana pak
Redha :Itu terlalu jauh kurangya pak,naiki lah sedikit lagi pak.
Arif :Kalu begitu bagaimana 4900.000 pak
Redha :baiklah pak,berapa buah bapak akan memesanya?
Arif :Saya memesanya sebanyak 10 buah ya pak.
Redha :Baiklah pak,jadi total ke seluruhanya ialah sebesar Rp.490.000.000,00
Arif :Oke pak uangnya saya transfer ke bank saja ya pak.
Redha :baik pak,sering ke sini yapak,
Arif :Baik pak.
Redha :terimakasih yapak
Arif :Sama sama
Redha :assalamualaikum.
Arif :waalaikum salam.
ANALISIS TEKS NEGOSIASI
1.Orientasi :Kalimat pembuka,biasanya dibubuhi salam,fungsi memulai negosiasi
Kutipan teks.
Redha :Aassalamualaikum pak.
Arif :Waalaikum salam bang.
Redha :Ada yang bisa saya bantu.
2.Permintaan :Suatu hal berupa barang atau jasa yang ingin dibeli oleh pembeli atau konsumen.
Kutipan teks.
Arif :Begini pak saya mau membeli barang untuk dagang saya berupa lemari,yang ingim saya jual kepada khalayak ramai,Apakah disini ada barang tersebut pak?
3.Pemenuhan :Pemenuhan hal berupa barang atau jasa dari pemberi jasa atau penjual yang dimintak oleh pembeli atau konsumen.
Kutipan teks.
Redha :barangnya ada pak tapi,jenis lemari apa yang ingin bapak beli,karna lemari ini berbagai jenis pak contohnya saja bahanya,ada yang dari serbuk kayu,ada yang dari kayu jati,ada yang dari kayu durian,dan banyak lagi yang berkualitas pak.
Arif :yang berkualitas tinggi yang mana tu pak.
Redha :Semuanya lain kualitas pak tapi,yang paling berkualitas tinggi tentulah kayu jati ini pak.
4.Penawaran :Puncak negosiasi terjadi tawar menawar
Kutipan teks.
Arif :harga lemari yang berbahan kayu jati brapa pak.
Redha :Kalau satu lemari yang berukuran 5mkali1m harganya Rp.5000.000 an pak.
Arif :Ngak bisa kurang pak,soalnya saya kan mengambil borongan pak.
Redha :Bagaimana ya pak soalnya harnya segitubanyaknya pak.
Arif :Ayolah pak,kurangi saja sedikit ya pak 4800.000 bagaimana pak
Redha :Itu terlalu jauh kurangya pak,naiki lah sedikit lagi pak.
5.Persetujuan :Keputusan antara 2 belah pihak untuk penawaran yang sudah di lakukan.
Kutipan teks.
Arif :Kalu begitu bagaimana 4900.000 pak
Redha :baiklah pak,berapa buah bapak akan memesanya?
6.Pembeliam :Keputusan,konsumen jadi menerima atau menyetujui,penawaran itu atau tidak.
Kutipan teks.
Arif :Saya memesanya sebanyak 10 buah ya pak.
Redha :Baiklah pak,jadi total ke seluruhanya ialah sebesar Rp.490.000.000,00
Arif :Oke pak uangnya saya transfer ke bank saja ya pak.
7.Penutup :Kalimat penutup,atau salam penutup.
Kutipan teks.
Redha :baik pak,sering ke sini yapak,
Arif :Baik pak.
Redha :terimakasih yapak
Arif :Sama sama
Surat penawaran
BATMAN AC SOLO Jl Raya Baki Solo Km 4 Sukoharjo
No. : 5/BA/VII/2015 Hal
HAL : Surat Penawaran Service AC Kepada Yth, ROTI CHRIST Di Waringenrejo
Dengan hormat,
Bersama surat penawaran ini kami dari BATMAN AC Solo selaku jasa pelayanan service dan pemasangan AC bermaksud menawarkan jasa service atau pemasangan AC di Instansi Bapak / Ibu Pimpin. Berikut point pekerjaan yang kami kerjakan : 1. Service Cleaning AC Pembersihan Cooling Coil Indoor / Outdoor Unit Pembersihan filter udara, blower fan indoor Pengecekan tekanan Freon ampere kompresor dan pengecekan kapasitor kompresor. 2. Paket Bongkar Pasang AC Pembersihan unit AC Penambahan Freon 3. Pasang Unit AC baru Free Jasa Call Back apabila ada kerusakan ac di luar service rutin Demikian surat penawaran ini kami layangkan. Besar harapan kami bisa bekerjasama dengan Bapak/ Ibu. Terima kasih Surakarta, 01 Juli 2015 Hormat saya, Agung NB : Daftar Harga Terlampir dibawah ___________________________________ Berikut daftar harga yang kami tawarkan kepada Bapak / Ibu : Service Cleaning AC
Rp. 35.000 / unit Penambahan Freon R.22
Rp. 70.000 / unit Freon R.410
Rp.125.000 / unit Penambahan Freon R.32
Rp.145.000 / unit Isi Full Freon + Vakum R.22
Rp.120.000 / unit Isi Full Freon + Vakum R.410
Rp.225.000 / unit Full Freon + Vakum R.32
Rp.250.000 / unit Bongkar pasang AC ( harga paket )
Rp.250.000 / unit Bongkar pasang AC ( harga non paket )
Rp.150.000 / unit Ganti Kapasitor
Rp.125.000 / unit Ganti Kapasitor Motor Fan
Rp. 45.000 / unit Ganti Termostat
Rp. 55.000 / unit Ganti Filter + Kapiler + Vakum
Rp.250.000 / unit Harga Pipa AC ( 3/8 + 1/4 Kabel Eterna 3×1.5 )
Rp. 50.000 / meter Harga Pipa AC ( 1/2 + 1/4 + Kabel Eterna 3×2.5 )
Rp. 60.000 / meter Braket Outdoor
Rp. 40.000 / unit Baca Juga Proses Metamorfosis Sempurna pada Katak, Lengkap! Harga tersebut tidak mengikat dan sewaktu – waktu bisa berubah, masih bisa nego dan mengenai keperluan lainnya dapat kita konfirmasikan secara langsung di tempat.
ANALISIS UNSUR SURAT PENAWARAN.
· Alamat dan kontak : BATMAN AC SOLO Jl Raya Baki Solo Km 4 Sukoharjo.
· NO dan tgl surat : 5/BA/VII/2015 Hal
· Inti atau perihal surat : Surat Penawaran Service AC Kepada Yth, ROTI CHRIST Di Waringenrejo.
· Lampiran surat : –
· Alamat penerima surat :Di setiap instansi-instansi.
· Salam pembuka : Dengan hormat,
· Bagian pembuka : Bersama surat penawaran ini kami dari BATMAN AC Solo selaku jasa pelayanan service dan pemasangan AC bermaksud menawarkan jasa service atau pemasangan AC di Instansi Bapak / Ibu Pimpin.
· Tubuh surat : Berikut point pekerjaan yang kami kerjakan : 1. Service Cleaning AC Pembersihan Cooling Coil Indoor / Outdoor Unit Pembersihan filter udara, blower fan indoor Pengecekan tekanan Freon ampere kompresor dan pengecekan kapasitor kompresor. 2. Paket Bongkar Pasang AC Pembersihan unit AC Penambahan Freon 3. Pasang Unit AC baru Free Jasa Call Back apabila ada kerusakan ac di luar service rutin Demikian surat penawaran ini kami layangkan. Besar harapan kami bisa bekerjasama dengan Bapak/ Ibu.
Bagian isi : , Agung NB : Daftar Harga Terlampir dibawah ___________________________________ Berikut daftar harga yang kami tawarkan kepada Bapak / Ibu : Service Cleaning AC
Rp. 35.000 / unit Penambahan Freon R.22
Rp. 70.000 / unit Freon R.410
Rp.125.000 / unit Penambahan Freon R.32
Rp.145.000 / unit Isi Full Freon + Vakum R.22
Rp.120.000 / unit Isi Full Freon + Vakum R.410
Rp.225.000 / unit Full Freon + Vakum R.32
Rp.250.000 / unit Bongkar pasang AC ( harga paket )
Rp.250.000 / unit Bongkar pasang AC ( harga non paket )
Rp.150.000 / unit Ganti Kapasitor
Rp.125.000 / unit Ganti Kapasitor Motor Fan
Rp. 45.000 / unit Ganti Termostat
Rp. 55.000 / unit Ganti Filter + Kapiler + Vakum
Rp.250.000 / unit Harga Pipa AC ( 3/8 + 1/4 Kabel Eterna 3×1.5 )
Rp. 50.000 / meter Harga Pipa AC ( 1/2 + 1/4 + Kabel Eterna 3×2.5 )
Rp. 60.000 / meter Braket Outdoor
Rp. 40.000 / unit Baca Juga Proses Metamorfosis Sempurna pada Katak, Lengkap! Harga tersebut tidak mengikat dan sewaktu – waktu bisa berubah, masih bisa nego dan mengenai keperluan lainnya dapat kita konfirmasikan secara langsung di tempat.
· Bagian penutup : Terima kasih Surakarta, 01 Juli 2015 Hormat saya, Agung NB.
KEKURANGAN SURAT PENAWARAN.
1.tidak memakai logo.
2.tidak memiliki alamat lengkap.
3.tidak memiliki lampiran.
4.tidak memiliki imail dan websait
5.tidak memiliki no hp
6.salam penuput terletak di pertengah isi.
7.ridak memilika ttd.
8.bentuknya kurang resmi.
DEBAT
Tindak kriminal dan kekerasan yangditayangkan di televisi , merusak karakter bangsa
Keterangan
Moderator : muhammmad ramadhani SH
A,b,c > Pro
1,2,3 > Kontra
“ Banyak sekali tayangan kekerasan yang menimbulkan banyak masalah terhadap prilaku anak bangsa untuk kedepanya dan akan membuat anak bangsa yang menjadi penerus indonesia nantinya hancur dan selalu membuat masalah untuk negaranya sendiri, tapi bagaimanakah cara mengatasinya ?? walaupun sudah ada Undang-undang yang menjelaskan tentang tayangan kekerasan, tapi undang-undang itu masih belum bisa diterapkan, karena sulitnya menerapkan undang-undang tersebut di indonesia, semakin maraknya filmfilm mancanegara maupun dalam negeri membuat sulitnya indonesia dalam menerapkan undang-undang tersebut, lalu bagaimanakah cara mengatasinya , berikut kita simak dalam debat berikut ini “
A : banyak kekrasan yang ditayangkan di televisi dan jiikalau terus dibiarkan, itu akan sangat merusak karakter bangsa untuk kedepanya
1 : Merusak karakter ????? Saya pikir tidak
2 : Iya betul. . tayangan kekerasan justru akan membawa seseorang yang menontonnya terbawa kedalam kehidupan nyata , dan itu malah lebih bagus
B : Justru itu yang tidak boleh dibiarkan, jikalau sudah terbawa dalam kehidupan nyata. Cara menanggulanginyapun sulit bahkan akan lebih parah
C : Dan hal itu akan menimbulkan dampak besar bagi bangsa kita ,
3 : Dampak besar seperti apa maksudnya ??
A : Sekarang banyak sekali tindakan kriminal yang dilakukan di masyaraat , dan saya rasa itu karena mereka sering menonton hal seperti itu
2 : Saya pikir itu bkan karena tayangan kekerasan , karena walaupun orang tersebut tidak menonton tayangan tersebut kalau orang yang sudah memiliki jiwa keras pasti di akan melakukanya
1 : Setiap orang pasti memiliki karakter yang buruk, tapi karakter itu tidak akan selalu datang ketika orang tersebut tidak memiliki tekanan
B : Dan tayangan itulah yang menyebabkan tekanan sehingga karakter buruk dari seseorang itu muncul
3 : Saya rasa itu tidak menimbulkan tekanan, justru tayangan yang dia tonton itu yang memang dia sukai,jadi dia akan mersa lebih senang melihat itu, bukan tertekan
C : tapikan sekarang itu sudah banyak kriminal-kriminal yang menggunakan media tayangan televisi untuk mengetahui suatu tekhnik dalam melaksanakan tgasnya sebagai seorang kriminal
1 : kalau itu namanya bukan merusak karakter, tapi dia memang karakternya sudah rusak dari dulu
2 : orang yang melakukan kriminal itu memang dari dulunya sudah memiliki tekanan yang berat yang mebuat dirinya itu keluar dari diri yang sebenarnya dari orang tersebut
3 : dan di televisi juga saya belum pernah mendengar ada seorang kriminal dengan alasan dulunya itu sering menonton tayangan kekerasan
A : Ingatya, Karakter yang rusak itu bukanlah hanya orang yang selalu malakukan tindakan kriminal atau semacamnya , tapi orang yang bolos sekolah,tidak mengerjakan PR itu juga termasuk karakter yang buruk
B : Dan itu lebih disebabkan karena orang ersebut sering mnonton tayang di TV dan mempraktekkanya dalam dunia nyata
C : sehingga kali ini di buku-buku LKS juga disebutakan Pendidkan karakter, dan itu tujuanya untuk mengurangi masalah tersebut yang disebabkan karena alasan yang tadi
1 : Tapi sekrang TV sudah diamana-man bahkan setiap rumah skarang sudah pasti memliki TV
2 : Dan setiap siswa pasti akan menontonya, bahkan tayangan kekerasan , pasti sudah biasa , karena jaman sekarang acara tv itu kebanyakan yang seperti itu
3 : Tapi tidak semua siswa yang ada di kelas itu memilik karakter yang buruk
A : karena orang tidak akan berubah sifatnya dengan seketika , setelah orang itu nonton, sifatnya langsung berubah ,, tidak mungkin
1 : Berarti perusakan watak sesorang bukanlah karena tayangan di Tvdong
B : Orang yang baik akan berubah karakternya tida akan seketika,
2 : lalu bagaimana dengan orang yang memilik watak yang buruk disekolahnya,
C : itu karena orang tersebut memang dari dulunya gitu, dan tayangan tv juga ikut merubahnya
3 : berarti intinya karakter buruk itu bukan karena tayangan kekrasan di tv, tapi karena memang dia it tertekan
1 : Kalau memang tayangan kekerasan itu merusak karakter bangsa, mengapa masih belum ada penegasan dari pemerintah,misalnya undang-undang atau semacamnya
A : sekarang sudah ada undang-undang yang menjelaskan tayangan kekerasan Yaitu
2 : iya tapi mengapa masih belum bisa diterapkan di Indonesia
B : Bukan belm bisa tapi memang tidak ada waktu yang tepat untuk menerapkanya
3 : Iya itu karena memang tayangan kekerasan di TV itu masih belum sepenuhnya bisa merusak karakter bangsa
C : Bukan karena itu tapi ini lebih disebabkan karena semakkin banyaknya film-film dari mancanegara maupun dalam negeri yang menanyangkan acara tersebut, sehingga sangat sulit untuk menerapkannya
1 : lalu sampai kapan Undang-undang tersebut akan terus disimpan
A : Ya sampai waktunya tepat lah
2 : Iya sampai kapan, sampai semua pemarintah tahu, tayanga kekerasan itu bukanlah dari tayangan ??
B : Kami bukan pemerintah yang tahu segalanya tentang itu, mungkin pemerintah sedang mencari waktu yang tepat untuk itu ya walaupun sudah begitu lama
3 : Lalu mengapa ada pernyataan tersebut ??? apabila UU masih belum bisa diterapkan
C : Kita kembali kepada yang tadi ,, timbulnya kekerasan sekarang ini dan rusaknya karakter pada jaman ini, inilah penyebab timbulnya pernyatan tersebut.
1 : Walaupun memang sekarang banyak sekali karakter bangsa yang rusak tapi itu bukanlah sepenuhnya akibat tayangan diTV tapi waktulah yang merubah semua itu, karena tayangan d TV itu sepenuhnya hanyalah untuk hiburan semata ,, tapi musibah yang datang kepada semua orang itu menyebabkan tekanan yang berat sehingga orang tersebut karakternya menjadi rusak
A : Waktu itu smentara, tapi pengalaman untuk selamanya. Memang orang yang melihat tayangan kekerasan di tv itu tidak akan langsung merusak karakter
B : Tapi iangatan/imajinasi tayangan tersebut akan langsung melekat didalam pikiran orang tersebut sampai kapanpun
C : Dan katika orang itu mangalami tekanan , maka imajinasi itu akan muncul dan langsung merubah pikiranya, perlahan tapi pasti karakter jelek akan muncul dari dalam dirinya
2 : jadi intinya bukan tayangan kriminal/kekerassan di televisilah yang meruasak karakter, tapi takanan beratlah yang bisa menimbulkan orang tersebut melakukan apapun yang dia sukai.
3 : sehingga watak buruk akan muncul dari dalam dirinya
1 : Walaupun disekolah sudah diadakan pendidikan karakter tapi itu tadak akan merubah semuanya , karena imajinasi kekerasan yang ditonton ketika kecil akan selalu ada dalam pikiran setiap manusia ,dimanapun dan sampai kpanpun, jadi, jangan sapai kalian tertekan
A : Jadi semuanya setuju dengan pernyataan tersebut bahwa tayangan kekrasan di telelvisi itu merusak karakter bangsa
“ Jadi kesimpulanya adalah tayangan kekerasan ditelevisi memang akan merusak dan meracuni otak kalian untuk kedepanya dan ketika kita mengalami tekanan yang berat maka imajinasi kekerasan akan muncul didalam pikiran kita, karena tidak mungkin ketika kita mengalami masalah yang ada didalam pikiran kita itu adalah spongebob, masha and the bear dan lainya tapi yang akan muncul adalah imajinasi yang memang bisa mentutaskan masalah tersebut ya salah satunya adalah tayangan kekersan tadi. Waktu itu sememntara,tapi pengalaman adalah untuk selamanya, tayangan itu tidak akan langsung merusak,tapi akan seal ada dalam piiran kita selamanya. Pendidikan karakter hanyalah sebagian kecil dari pembelajaran yan tidak akan bisa mentuntaskan masalah tersebut, karena imajinasi itu lebih cerdas dari hanya sekedar pendidikan. Kami dari kelompok Gol A Gong, terimakasih.
ANALISIS STRUKTUR DEBAT.
· Pengantar (isu) :mengandung topik yang akan di bicarakan.
“ Banyak sekali tayangan kekerasan yang menimbulkan banyak masalah terhadap prilaku anak bangsa untuk kedepanya dan akan membuat anak bangsa yang menjadi penerus indonesia nantinya hancur dan selalu membuat masalah untuk negaranya sendiri, tapi bagaimanakah cara mengatasinya ?? walaupun sudah ada Undang-undang yang menjelaskan tentang tayangan kekerasan, tapi undang-undang itu masih belum bisa diterapkan, karena sulitnya menerapkan undang-undang tersebut di indonesia, semakin maraknya filmfilm mancanegara maupun dalam negeri membuat sulitnya indonesia dalam menerapkan undang-undang tersebut, lalu bagaimanakah cara mengatasinya , berikut kita simak dalam debat berikut ini “.
· Argumen :mengantung alasan atau bukti dengan tujuan mendukung hal yang di debatkan.
A : banyak kekrasan yang ditayangkan di televisi dan jiikalau terus dibiarkan, itu akan sangat merusak karakter bangsa untuk kedepanya
1 : Merusak karakter ????? Saya pikir tidak
2 : Iya betul. . tayangan kekerasan justru akan membawa seseorang yang menontonnya terbawa kedalam kehidupan nyata , dan itu malah lebih bagus
B : Justru itu yang tidak boleh dibiarkan, jikalau sudah terbawa dalam kehidupan nyata. Cara menanggulanginyapun sulit bahkan akan lebih parah
C : Dan hal itu akan menimbulkan dampak besar bagi bangsa kita ,
3 : Dampak besar seperti apa maksudnya ??
A : Sekarang banyak sekali tindakan kriminal yang dilakukan di masyaraat , dan saya rasa itu karena mereka sering menonton hal seperti itu
2 : Saya pikir itu bkan karena tayangan kekerasan , karena walaupun orang tersebut tidak menonton tayangan tersebut kalau orang yang sudah memiliki jiwa keras pasti di akan melakukanya
1 : Setiap orang pasti memiliki karakter yang buruk, tapi karakter itu tidak akan selalu datang ketika orang tersebut tidak memiliki tekanan
B : Dan tayangan itulah yang menyebabkan tekanan sehingga karakter buruk dari seseorang itu muncul
3 : Saya rasa itu tidak menimbulkan tekanan, justru tayangan yang dia tonton itu yang memang dia sukai,jadi dia akan mersa lebih senang melihat itu, bukan tertekan
C : tapikan sekarang itu sudah banyak kriminal-kriminal yang menggunakan media tayangan televisi untuk mengetahui suatu tekhnik dalam melaksanakan tgasnya sebagai seorang kriminal
1 : kalau itu namanya bukan merusak karakter, tapi dia memang karakternya sudah rusak dari dulu
2 : orang yang melakukan kriminal itu memang dari dulunya sudah memiliki tekanan yang berat yang mebuat dirinya itu keluar dari diri yang sebenarnya dari orang tersebut
3 : dan di televisi juga saya belum pernah mendengar ada seorang kriminal dengan alasan dulunya itu sering menonton tayangan kekerasan
A : Ingatya, Karakter yang rusak itu bukanlah hanya orang yang selalu malakukan tindakan kriminal atau semacamnya , tapi orang yang bolos sekolah,tidak mengerjakan PR itu juga termasuk karakter yang buruk
B : Dan itu lebih disebabkan karena orang ersebut sering mnonton tayang di TV dan mempraktekkanya dalam dunia nyata
C : sehingga kali ini di buku-buku LKS juga disebutakan Pendidkan karakter, dan itu tujuanya untuk mengurangi masalah tersebut yang disebabkan karena alasan yang tadi
1 : Tapi sekrang TV sudah diamana-man bahkan setiap rumah skarang sudah pasti memliki TV
2 : Dan setiap siswa pasti akan menontonya, bahkan tayangan kekerasan , pasti sudah biasa , karena jaman sekarang acara tv itu kebanyakan yang seperti itu
3 : Tapi tidak semua siswa yang ada di kelas itu memilik karakter yang buruk
A : karena orang tidak akan berubah sifatnya dengan seketika , setelah orang itu nonton, sifatnya langsung berubah ,, tidak mungkin
1 : Berarti perusakan watak sesorang bukanlah karena tayangan di Tvdong
B : Orang yang baik akan berubah karakternya tida akan seketika,
2 : lalu bagaimana dengan orang yang memilik watak yang buruk disekolahnya,
C : itu karena orang tersebut memang dari dulunya gitu, dan tayangan tv juga ikut merubahnya
3 : berarti intinya karakter buruk itu bukan karena tayangan kekrasan di tv, tapi karena memang dia it tertekan
1 : Kalau memang tayangan kekerasan itu merusak karakter bangsa, mengapa masih belum ada penegasan dari pemerintah,misalnya undang-undang atau semacamnya
A : sekarang sudah ada undang-undang yang menjelaskan tayangan kekerasan Yaitu
2 : iya tapi mengapa masih belum bisa diterapkan di Indonesia
B : Bukan belm bisa tapi memang tidak ada waktu yang tepat untuk menerapkanya
3 : Iya itu karena memang tayangan kekerasan di TV itu masih belum sepenuhnya bisa merusak karakter bangsa
C : Bukan karena itu tapi ini lebih disebabkan karena semakkin banyaknya film-film dari mancanegara maupun dalam negeri yang menanyangkan acara tersebut, sehingga sangat sulit untuk menerapkannya
1 : lalu sampai kapan Undang-undang tersebut akan terus disimpan
A : Ya sampai waktunya tepat lah
2 : Iya sampai kapan, sampai semua pemarintah tahu, tayanga kekerasan itu bukanlah dari tayangan ??
B : Kami bukan pemerintah yang tahu segalanya tentang itu, mungkin pemerintah sedang mencari waktu yang tepat untuk itu ya walaupun sudah begitu lama
3 : Lalu mengapa ada pernyataan tersebut ??? apabila UU masih belum bisa diterapkan
C : Kita kembali kepada yang tadi ,, timbulnya kekerasan sekarang ini dan rusaknya karakter pada jaman ini, inilah penyebab timbulnya pernyatan tersebut.
1 : Walaupun memang sekarang banyak sekali karakter bangsa yang rusak tapi itu bukanlah sepenuhnya akibat tayangan diTV tapi waktulah yang merubah semua itu, karena tayangan d TV itu sepenuhnya hanyalah untuk hiburan semata ,, tapi musibah yang datang kepada semua orang itu menyebabkan tekanan yang berat sehingga orang tersebut karakternya menjadi rusak
A : Waktu itu smentara, tapi pengalaman untuk selamanya. Memang orang yang melihat tayangan kekerasan di tv itu tidak akan langsung merusak karakter
B : Tapi iangatan/imajinasi tayangan tersebut akan langsung melekat didalam pikiran orang tersebut sampai kapanpun
C : Dan katika orang itu mangalami tekanan , maka imajinasi itu akan muncul dan langsung merubah pikiranya, perlahan tapi pasti karakter jelek akan muncul dari dalam dirinya
2 : jadi intinya bukan tayangan kriminal/kekerassan di televisilah yang meruasak karakter, tapi takanan beratlah yang bisa menimbulkan orang tersebut melakukan apapun yang dia sukai.
3 : sehingga watak buruk akan muncul dari dalam dirinya
1 : Walaupun disekolah sudah diadakan pendidikan karakter tapi itu tadak akan merubah semuanya , karena imajinasi kekerasan yang ditonton ketika kecil akan selalu ada dalam pikiran setiap manusia ,dimanapun dan sampai kpanpun, jadi, jangan sapai kalian tertekan
A : Jadi semuanya setuju dengan pernyataan tersebut bahwa tayangan kekrasan di telelvisi itu merusak karakter bangsa.
· Simpulan :mengandung pernyataan yang menegaskan hal yang di debatkan
· “ Jadi kesimpulanya adalah tayangan kekerasan ditelevisi memang akan merusak dan meracuni otak kalian untuk kedepanya dan ketika kita mengalami tekanan yang berat maka imajinasi kekerasan akan muncul didalam pikiran kita, karena tidak mungkin ketika kita mengalami masalah yang ada didalam pikiran kita itu adalah spongebob, masha and the bear dan lainya tapi yang akan muncul adalah imajinasi yang memang bisa mentutaskan masalah tersebut ya salah satunya adalah tayangan kekersan tadi. Waktu itu sememntara,tapi pengalaman adalah untuk selamanya, tayangan itu tidak akan langsung merusak,tapi akan seal ada dalam piiran kita selamanya. Pendidikan karakter hanyalah sebagian kecil dari pembelajaran yan tidak akan bisa mentuntaskan masalah tersebut, karena imajinasi itu lebih cerdas dari hanya sekedar pendidikan. Kami dari kelompok Gol A Gong, terimakasih.
ANALISIS UNSUR DEBAT.
1.MODERATOR :Orang yang memimpin jalanya debat.
Muhammad ramadana SH
2.Penulis :Orang yang menulis jalanya debat
Tidak ada dalam teks
3.Tim afirmasi :Orang yang berpihak dalam mosi yang diangkat
Saya setuju dengan tema yang diangkat karna, tindakan kekerasan dan kerusuhan atau kriminal tersebut,dapat merusakn kerakteer bangsa dalam tayangan di televisi tersebut,sifat anak bangsa yang dulunya baik dan memiliki jiwa sosial bisa terjadi,tawuran bahkan di contoh di dalam kehidupan sehari hari,televisi yang menayangkan tersebut lebih baik di sensor oleh lembaga penyenyor
4.Tim oposisi :Orang yang tidak berpihak terhadap mosi yang di angkat atau di sebut juga pihak konta.
1 : kalau itu namanya bukan merusak karakter, tapi dia memang karakternya sudah rusak dari dulu
2 : orang yang melakukan kriminal itu memang dari dulunya sudah memiliki tekanan yang berat yang mebuat dirinya itu keluar dari diri yang sebenarnya dari orang tersebut
3 : dan di televisi juga saya belum pernah mendengar ada seorang kriminal dengan alasan dulunya itu sering menonton tayangan kekerasan
5.Tim netral :Orang yang tidak berpihak terhadap,mosi yang diangkat,atau masih menjari kebenaranya.
CARA MENYIMPULKAN DEBAT
1.Merumuskan perhatian
2.Menyiapkan alat tulis
3.Mendengarkan atau membaca bacaan dengan teliti dan cermat
4.Mencatat secara cepat isi bacaan
5.menentukan tema atau inti bacaan
6.Menceritakan kembali isi bacaan secara padu dan utuh
7.Mendengarkan
8.Berpikir dengan kritis
9.Menguasai materi debat tersebut.
Biografi ibnu sina
Ibnu Sina adalah seorang ilmuwan Muslim yang terkenal di dunia. Ia seorang ilmuwan dengan pemikiran-pemikiran yang cerdas mendasari ilmu kedokteran modern. Ia banyak disebut sebagai “Bapak Kedokteran Modern.” George Sarton menyebutnya sebagai “Ilmuwan Paling Terkenal dari Islam dan Salah Satu yang Paling Terkenal Pada Semua Bidang Tempat, dan Waktu”. Ia lahir pada zaman keemasan peradaban Islam, sehingga ia disebut sebagai tokoh Islam dunia.
Ibnu Sina juga seorang penulis yang produktif, sebagian besar karyanya membahas tentang filsafat dan pengobatan. Ia adalah satu-satunya filsafat besar dalam Islam yang berhasil membangun sistem filsafat yang lengkap dan terperinci, suatu sistem yang telah mendominasi tradisi filsafat muslim hingga beberapa abad. Karyanya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, dikenal juga sebagai Qanun yang digunakan sebagai Referensi di bidang kedokteran selama berabad-abad.
Image courtesy of www.aslibumimayu.wordpress.com
Biografi Ibnu Sina
Ibnu Sina bernama lengkap Abū ‘Alī al-Husayn bin ‘Abdullāh bin Sīnā. Ibnu Sina lahir pada 980 M di Afsyahnah daerah dekat Bukhara, sekarang wilayah Uzbekistan (kemudian Persia). Ia berasal dari keluarga bermadzhab Ismailiyah sudah akrab dengan pembahasan ilmiah terutama yang disampaikan oleh ayahnya. Orang tuanya adalah seorang pegawai tinggi pada pemerintahan Dinasti Saman. Ia dibesarkan di Bukharaja serta belajar falsafah dan ilmu-ilmu agama Islam.
Saat berusia 10 tahun dia banyak mempelajari ilmu agama Islam dan berhasil menghafal Al-Qur’an. Ia dibimbing oleh Abu Abdellah Natili, dalam mempelajari ilmu logika untuk mempelajari buku Isagoge dan Prophyry, Eucliddan Al-Magest Ptolemus. Setelah itu dia juga mendalami ilmu agama dan MetaphysicsPlato dan Arsitoteles.
Suatu ketika dia mengalami masalah saat belajar ilmu Metaphysics dari Arisstoteles. Empat Puluh kali dia membacanya sampai hafal setiap kata yang tertulis dalam buku tersebut, namun dia tidak dapat mengerti artinya. Sampai suatu hari setelah dia membaca Agradhu kitab ma waraet thabie’ah li li Aristho-nya Al-Farabi (870 – 950 M), semua persoalan mendapat jawaban dan penjelasan yang terang benderang, bagaikan dia mendapat kunci bagi segala ilmu Metaphysics.
Setelah berhasil mendalami ilmu-ilmu alam dan ketuhanan, Ibnu Sina merasa tertarik untuk mempelajari ilmu kedokteran. Ia mempelajari ilmu kedokteran pada Isa bin Yahya. Meskipun secara teori dia belum matang, tetapi ia banyak melakukan keberhasilan dalam mengobati orang-orang sakit. Setiap kali menghadapi kesulitan, maka ia memohon kepada Allah agar diberikan petunjuk, maka didalam tidurnya Allah memberikan pemecahan terhadap kesulitan-kesulitan yang sedang dihadapinya.
Suatu ketika saat Amir Nuh Bin Nasr sedang menderita sakit keras. Mendengar tentang kehebatan yang dimiliki oleh Ibnu Sina, akhirnya dia diminta datang ke Istana untuk mengobati Amir Nuh Bin Nasr sehingga kesehatannya pulih kembali. Sejak itu, Ibnu Sina menjadi akrab dengan Amir Nuh Bin Nasr yang mempunyai sebuah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku yang sangan lengkap di daerah itu. Sehingga membuat Ibnu Sina mendapat akses untuk mengunjungi perpustakaan istana yang terlengkap yaitu Kutub Khana.
Berkat perpustakaan tersebut, Ibnu Sina mendapatkan banyak ilmu pengetahuan untuk bahan-bahan penemuannya. Pada suatu hari perpustakaan tersebut terbakar dan orang-orang setempat menuduh Ibnu Sina bahwa dirinya sengaja membakar perpustakaan tersebut, dengan alasan agar orang lain tidak bisa lagi mengambil manfaat dari perpustakaan itu.
Ibnu Sina lahir di zaman keemasan Peradaban Islam. Pada zaman tersebut ilmuwan-ilmuwan muslim banyak menerjemahkan teks ilmu pengetahuan dari Yunani, Persia dan India. Teks Yunani dari zaman Plato, sesudahnya hingga zaman Aristoteles secara intensif banyak diterjemahkan dan dikembangkan lebih maju oleh para ilmuwan Islam.
Pengembangan ini terutama dilakukan oleh perguruan yang didirikan oleh Al-Kindi. Pengembangan ilmu pengetahuan di masa ini meliputi matematika, astronomi, Aljabar, Trigonometri, dan ilmu pengobatan. Pada zaman Dinasti Samayid dibagian timur Persian wilayah Khurasan dan Dinasti Buyid dibagian barat Iran dan Persian memberi suasana yang mendukung bagi perkembangan keilmuan dan budaya. Di zaman Dinasti Samaniyah, Bukhara dan Baghdad menjadi pusat budaya dan ilmu pengetahun dunia Islam.
Saat berusia 22 tahun, ayah Ibnu Sina meninggal dunia. Pemerintahan Samanid menuju keruntuhan. Masalah yang terjadi dalam pemerintahan tersebut akhirnya membuatnya harus meninggalkan Bukhara. Pertama ia pindah ke Gurganj, ia tinggal selama 10 tahun di Gurganj. Kemudia ia pindah dari Gurganj ke Nasa, kemudian pindah lagi ke Baward, dan terus berpindah-pindah tempat untuk mempelajari ilmu baru dan mengamalkannya.
Shams al-Ma’äli Qäbtis, seorang penyair dan sarjana, yang mana Ibnu Sina mengharapkan menemukan tempat berlindung, dimana sekitar tahun (1052) meninggal dibunuh oleh pasukannya yang memberontak. Ia sendiri pada saat itu terkena penyakit yang sangat parah. Akhirnya, di Gorgan, dekat Laut Kaspi, ia bertamu dengan seorang teman, yang membeli sebuah ruman didekat rumahnya sendiri di mana Ibnu Sina belajar logika dan astronomi. Beberapa dari buku panduan Ibnu Sina ditulis untuk orang ini, dan permulaan dari buku Canon of Medicine juga dikerjakan sewaktu dia tinggal di Hyrcania.
Baca juga:Biografi Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu.
Image courtesy of www.visipramudia.wordpress.com
Kemampuan Dalam Bidang Kedokteran dan Filsafat
Dalam bidang kedokteran dia mempersembahkan Al-Qanunfit Thibb, dimana ilmu kedokteran modern mendapat pelajaran, sebab kitab ini selain lengkap, disusunnya secara sistematis. Kitab Al-Qanun tulisan Ibnu Sina selama beberapa abad menjadi kitab rujukan utama dan paling otentik. Kitab ini mengupas kaedah-kaedah umum ilmu kedokteran, obat-obatan dan berbagai macam penyakit. Seiring dengan kebangkitan gerakan penerjemahan pada abad ke-12 masehi, kitab Al-Qanun diterjemahkan ke dalam bahasa Latin. Kini buku tersebut juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis dan Jerman. Al-Qanun adalah kitab kumpulan metode pengobatan purba dan metode pengobatan Islam.
Ibnu Sina berhasil menyusun sistem filsafat islam yang terkoordinasi dengan rapi. Pekerjaan besar yang dilakukan Ibnu Sina adalah menjawab berbagai persoalan filsafat yang masih belum terjawab sebelumnya. Pengaruh pemikiran filsafat Ibnu Sina seperti karya pemikiran dan telaahnya di bidang kedokteran tidak hanya tertuju pada dunia Islam tetapi juga merambah Eropa.
Albertos Magnus, ilmuan asal Jerman dari aliran Dominique yang hidup antara tahun 1200-1280 Masehi adalah orang Eropa pertama yang menulis penjelasan lengkap tentang filsafat Aristoteles. Ia dikenal sebagai perintis utama pemikiran Aristoteles Kristen. Dia lah yang mengawinkan dunia Kristen dengan pemikiran Aristoteles. Dia mengenal pandangan dan pemikiran filsafat besar Yunani itu dari buku-buku Ibnu Sina. Filsafat metafisika Ibnu Sina adalah ringkasan dari tema-tema filosofis yang kebenarannya diakui dua abad setelahnya oleh para pemikir Barat.
Baca juga: Biografi Albert Einstein Ilmuwan Fisika.
Karya-karya dari Ibnu Sina
Karya yang ditulis oleh Ibnu Sina diperkiranan antara 100 sampai 250 buah judul. Karya-karya Ibnu Sina yang terkenal dalam Filsafat adalah As-Shifa, An-Najat, dan Al-Isyarat. Karyanya yang terkenal dalam bidang kedokteran adalah Al-Qanun. Kualitas karyanya yang bergitu luar biasa dan keterlibatannya dalam praktik kedokteran, mengajar, dan politik, menunjukkan tingkat kemampuan yang luar biasa. Selain itu, ia banyak menulis karangan-karangan pendek yang dinamakan Maqallah. Beberapa Karyanya diantara lain :
- Al-Qanun fi Thib (aturan pengobatan)
- Asy Syifa (terdiri dari 18 jilid berisi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan)
- Al-Inshaf (buku tentang keadilan sejati)
- An-Najah (buku tentang kebahagiaan Jiwa)
- Al-Musiqa (Buku tentang musik)
- dan sebagainya.
Selain karya filsafatnya tersebut, Ibnu Sina meninggalkan sejumlah esai dan syair. Beberapa esainya yang terkenal adalah :
- Hayy ibn Yaqzhan
- Risalah Ath-Thair
- Risalah fi Sirr Al-Qadar
- Risalah fi Al- ‘Isyq
- Tahshil As-Sa’adah
Beberapa karya puisinya yaitu :
- Al-Urjuzah fi Ath-Thibb
- Al-Qasidah Al-Muzdawiyyah
- Al-Qasidah Al- ‘Ainiyyah
Dalam sejarah pemikiran filsafat abad pertengahan, sosok Ibnu Sina memperoleh penghargaan yang tinggi hingga masa modern. Ia adalah satu-satunya filsafat besar Islam yang telah berhasil membangun sistem filsafat yang lengkap dan terperinci, suatu sistem yang telah mendominasi tradisi filsafat muslim beberapa abad. Kehidupan Ibnu Sina dihabiskan untuk urusan negara dan menulis. Pada usia 58 tahun (428 H / 1037 M) Ibnu Sina meninggal dan dikuburkan di Hamazan. Ibnu Sina adalah contoh dari peradaban besar Iran di zamannya.
Assalamualikum. Informasi Biografi di atas ini kami tulis dari berbagai sumber, jika ada kesalahan atas informasi yang kami sampaikan di atas, kami mohon maaf, dan berharap agar Anda bisa membetulkannya melalui kotak komentar atau bisa menghubungi kami melalui e-mail kami. Terima kasih.
Hal yang patut di teladani dari tokoh ibnu sina.
1.ibnu sina seorang tokoh muslim yang tekun dalam menuntut ilmu
2.ibnu sina seorang yang dermawan dan saling menghormati sesama agama atau beda agama
3.ibnu sina adalah seorang filsafah yang besar dimasa modren ini,karna ibnu sina adallah tokoh muslim yang banyak,menciptakan karya-karya terbaru.
4.ibnu sina tekun dalam melakukan suatu perkerjaan dan tidak mengenal lelah
5.ibnu sina juga tekun dalam membaca dan memahami hal yangbaru
6.ibnu sina juga orang yang berjiwa sosial terhadap sesama,karna ibnu sina telah di ajar oleh ayahnya,sewaktu kecil
7.di masa kecilnya ibnu sina telah mampu menghafalkan alquran dan menafsirkan,dan memaknainya.
8.ibnu sina juga seorang dokter yang cerdas dan dermawan,tidak sombong,dan membantu ketika orang kesusahan.