tugas biografi dan buku paket hal 214/236

Nama : Nova Meta Saputri

Kelas : XIIS 1

 Biografi

Nurbaiti  adalah seorang tokoh panutan dan merupakan kebanggaan bagi keluarganya. Beliau adalah seorang guru yang mengabadikan dirinya di sekolah dasar. Nama dan gelar lengkapnya adalah Nurbaiti S.pd. beliau dilahirkan di padang pariaman,sumatera barat pada tanggal 7 desember 1966. Beliau merupakan anak ketujuh dari Sembilan bersaudara dari pasangan Kutar ST Saldi dan Syamsiar. Beliau menikah dengan Ismet Aziz pada tanggal 16 juni 1989 dan di karuniai dua orang putra dan satu orang puri, mereka adalah Robby Meta Saputra, Randi Meta Saputra dan Nova Meta Saputri.

Nurbaiti menjadi piatu sejak ibunya meninggal dunia pada tahun 1997 karena muntah berdarah.Setelah ibunya meninggal selang 8 tahun ayahmua juga meninggal dunia pada tahun 2004.

Beliau memulai pendidikan sekolah dasar di SDN 02 Batu Besar.Semasa Sd-nya beliau merupakan salah satu murid yang berprestasi dan juga menjadi kebanggaan di sekolahnya dan dia juga selalu meraih juara kelas. Kemudian setelah beliau menamatan sekolah dasarnya beliau melanjutkan pendidikannya ke SMPN 01 Sungai Geringging,setelah beliau menamatkan sekolah menengah pertamanya beliau melanjutkan pendidikannya di sekolah pendidikan guru di padang. Beliau menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1986. Kemudian beliau mengambil gelar sarjana pendidikan S-1 di Universitas Terbuka,Padang. Beliau sudah mengajar sejak tahun 2001 sampai sekarang.

 

Halaman 214 :

NO.

                              Pertanyaan

jawaban

1.

Mengapa teks tersebut tergolong ke dalam teks biografi ?

Karena teks tersebut menceritakan tentang kisah hidupnya, bagaimana kehidupan pribadinya,bagaimana masa kecil dan remajanya,apa prestasi yang pernah di raihnya, dan bagaimana dia bias meraih kesuksesnya.

2.

Apa isi dari teks biografi tersebut ?

Biografi ini menceritakan bagaimana kehidupan Bill Gates, masalah apa yang pernah dia alami dan bagaimana dia bisa sesukses ini.

3.

Bagaimanakah pola penyajian teks biografi tersebeut ?

Pola penulisannya menggunakan alur maju, sudut pandang orang ke-3 serba tahu, gaya penulisannya deskriptif naratif. Serta focus penceritaannya adalah keberhasilan karir.

4.

Siapakah nama tokoh yang biografinya sedang dibicarakan ?

Bill gates

5.

Apa  peranannya sehingga iya layakdibuatkan biografi

Dia orang terkaya di dunia, dan dia juga merupakan anak yang cerdas dan orang yang berpengaruh di dunia.

6.

Bagaimanakah masa kecilnya ?

Dia orang yang terlalu bersemangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah.

7.

Bagaimanakah masa mudanya ?

Pada masa mudanya dia sudah menguasai Bacis ( sebuah bahasa pemogram computer ). Dia juga dijuluki seorang “eksentrik”.

8.

Kesulitan atau masalah apa yang pernah dialaminya ?

Dia pernah tersandung kasus hukum berkali-kali. Dan pada masa sekolah dia juga mengalami kesulitan karena dia yang terlalu bersemangat jadi dipindahkan ke sekolah lakende school untuk mengimbangi kepintarannya.

9.

Bagaimanakah ia mengatasi kesulitan-kesulitan itu?

Dia selalu bertekad dan berusaha serta dia selalu gigih dan tidak mudah putus asa sehingga setiap hal yang dia lakukan dia selalu tekun.

10.

Karya apa saja yang telah dibuatnya?

Microsoft

11.

Apabila bertemu dengan tokoh tersebut, apa yang akan kamu lakukan atau tanyakan?

Menanyakan apa motivasinya hingga dia bisa meraih kesuksesan serta apa saja yang dia lakukan hingga bisa sukses,meminta motivasi serta meminta foto.

 

  Halaman 215 :

                Kutipan teks

                Bagian struktur

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke lakeside school, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia computer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah computer pembagian waktu.

Orientasi, bagian ini menceritakan siapa Bill Gates

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman computer. Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Namun, Bill Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam karirnya.

Dalam kehidupannya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Di tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa ‘’Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka.

Peristiwa-peristiwa penting

Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikamati saat ini. Berturut-turut dari tahun ke tahun hinhha saat ini Bill Gates bertengger diposisi satu sebagai orang terkaya di dunia.

Reorientasi

 

 Halaman 223 :

                           Aspek

                      Bill gates

Alur ceritanya beralur maju 

Ceritanya di awali dengan identitas diri, perjalanan pendidikan,suka dukanya menjalani  pendidikan,masalah yang pernah dia hadapi,bagaimana kehidupan pribadi bill gates dan bagaimana dia bisa menjadi orang terkaya di dunia dan apa kegiatan yang dia jalani sampai sekarang.

Sudut pandang

Orang ketiga yang serba tahu

Gaya penulisan

Deskriptif naratif

Focus penceritaan

Keberhasilan karir

 

 Halaman 226 :

 Judul teks biografi : Bill gates

              Kutipan teks biografi

                 Kepribadian unggul

Bill gates adalah salah satu tokoh yang cerdas dan ia merupakan orang terkaya di dunia.

 Sosok cerdas dan kaya

Ketika ia berumur sebelas tahun orang tuanya memustukan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke likeside school karena dia terlalu penuh semangat dan cenderung mengalami kesulitan di sekolah.

 Semangat dalam belajar

Fakta kekayaan bill gates; jika dia menjatuhkan 1.000 dollar, dia tidak perlu repot-repot mengambil karena ia hanya membutuhkan 4 menit untuk menggantinya dia sudah memperoleh hasil yang sama.

 Orang yang menghargai waktu dan tidak menyia-nyiakan waktu.

Bill gates telah mendirikan yayasan sosial penderita AIDS.

Orang yang peduli terhadap lingkungan sosial

 Pernah dituduh telah melakukan praktik monopoli.

Orang yang sabar

 

 Halaman 230 :

 Kutipan teks

Pokok informasi

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke lakeside school, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.

 Bill merupakan anak yang cerdas yang bersekolah di likeside school.

Di lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia computer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah computer pembagian waktu.

 Di likeside school bill gates untuk pertama kalinya mengenal dunia computer.

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman computer,dan bersama para hacker yang belajar sendiri di likeside, dia melewatkan waktu berjam jam menukis program, melakukan permainan,dan secara umum mempelajari banyak hal tentang computer.

 Bill gates sangat cepat mengusai pemograman computer dan mempelajari banyak hal tentang computer.

Bill gates menempuh kuliah di Harvard university di cambrige mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan paul allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama paul allen, bill gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman computer.

Bill gateskuliah di Harvard university di cambrige bersama paul allen dia mengembangkan talentanya di bidang pemograman computer.

Bill gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation,yang merupakan sebuah yayasan sosial yang memperhatikan penderita AIDS,beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga.

Bill gatesmendirikan yayasan sosial  yang memperhatikan penderita AIDS ,beasiswa bagi universitas-universitas dan peduli dunia ketiga.

 

 Halaman 232 :

Cara penggambaran karakter unggul tokoh

Kutipan biografi

Cara lansung

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah

Cara tidak lansung

Bill gates mendirikan yayasan sosial  yang memperhatikan penderita AIDS ,beasiswa bagi universitas-universitas

Cara deskripsi melalui tindakan tokoh

 –

Cara deskripsi melalui penuturan tokoh lain

“dia adalah seorang eksentrik”

 

 

Halaman 233 :

Cara tidak  lansung

Cara lansung

Bill gates mendirikan yayasan sosial  yang memperhatikan penderita AIDS ,beasiswa bagi universitas-universitas

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah

 

 Halaman 236

No.

               Kutipan teks

                        Analisis

1.

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke lakeside school, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia computer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah computer pembagian waktu.

a.     Kata ganti yang digunakan adalah dia dan nya(kata ganti milik) yang divariasikan dengan penyebutkan namanya bill gates dan orang tua bill gates.

b.     Kata kerja tindakan memustukan,mengalami kesulitan

c.      Kata deskriptif : cerdas,penuh semangat

d.     Kata kerja pasif : diperkenalkan,dihubungkan

e.     Kata sambung yang menyatakan hubungan pada,ketika

2.

Bill gates menempuh kuliah di Harvard university di cambrige mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan paul allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama paul allen, bill gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman computer.

a.     Kata ganti yang digunakan adalah ia dan nya(kata kepemilikan) variasi dengan penyebutan nama bill gates

b.     Kata kerja tindakan : menempuh,bertemu

c.      Kata kerja mental : mengembangkan

d.     Kata sambung yang menyatakan hubungan  waktu: tahun 1975

3.

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman computer. Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Namun, Bill Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam karirnya.

Dalam kehidupannya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Di tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa ‘’Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka.

a.     Kata ganti yang di gunakan adalah dia dan nya untuk menggantikan nama bill gates.

b.     Kata kerja tindakan : memutuskan,menyumbangkan,mendapat.

c.      Kata kerja deskriptif : menikah,sukses

d.     kata kerja mental : menyumbangkan

e.     kata sambung yang emnyatakan hubungan waktu : di tahun,pada

Leave a Reply